Windows Ingin Saingi OS Chrome dengan Windows 10 Cloud

Kita sudah mulai kenal dengan teknologi cloud computing. Jika teknologi cloud computing yang dibahas kebanyakan merupakan teknologi cloud computing dari sistem operasi chrome besutan google, kini windows pun menampakkan keseriusannya untuk ingin menyaingi sistem operasi chrome pada sektor penyimpanan cloud melalui fitur windows 10 cloudnya. Windows pun tidak hanya membuat versi tandingan dari teknologi cloud computing dari sistem operasi windows melainkan juga mereka berani menyatakan bahwa cloud computing pada windows 10 cloud ini berbeda.
Windows Ingin Saingi OS Chrome dengan Windows 10 Cloud
Apa saja perbedaannya? Mari kita lihat list di bawah ini :

1. Dari Segi Harga
Memang secara garis besar teknologi windows 10 cloud ini hampir sama dengan windows 10 biasa, hanya saja windows 10 cloud ini lebih sederhana. Sama halnya dengan sistem operasi chrome yang sistem penyimpananya berbasis cloud semua menggunakan internet sehingga windows 10 cloud tidak akan memiliki internal storage yang cukup besar dan sistem operasi yang kompleks. Sehingga biaya dapat ditekan semaksimal mungkin karena tidak adanya hard disk bawaan. Hanya perlu akses standar untuk menuju ke penyimpanan cloud saja maka semua dapat berjalan dengan lancar. Dan jika sistem operasi chrome mengandalkan google drive nya maka windows 10 cloud ini akan terhubung langsung dengan one drive. Windows 10 cloud ini digadang-gadang akan menjadi versi sederhana dari windows yang diperuntukkan hanya untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang sederhana dan universal pada windows. Hal ini jelas menunjukkan bahwa windowa 10 cloud ini ingin menyaingi sistem operasi chrome yang juga berkonsep hampir serupa.

2. Lebih mengandalkan Office
Untuk bersaing dengan sistem operasi chrome, windows lebih mengunggulkan sisi microsoft nya. Tentu saja persaingan semakin ketat sehingga microsoft harus terus berkembang.. Untuk itu kini ada microsoft 365 yang diperuntukkan untuk keperluan mobile dengan perangkat yang ringan dan cepat. Hal ini tak dipungkiri karena google sendiri memiliki google docs sebagai program office utama dimana beberapa orang sudah beralih menggunakan google docs.

Kelemahan Windows 10 Cloud mungkin hanya terletak pada aplication storenya. Karena baru- baru ini sistem operasi chrome sendiri telah merilis kabar bahwa semua chromebooknya akan berbasis android. Sedangkan bagi para windows user kendalanya mungkin karena windows store nya aplikasinya masih sedikit dan terbatas saja. 

 
3. Perilisan beberapa versi
Pada halaman percobaan sistem operasinya, windows 10 cloud telah menggambarkan bahwa akan ada 3 buah versi windows 10 cloud yang akan segera di rilis yakni windows 10 cloud OEM (yang di bundling dengan perangkat windows), windows 10 cloud retail, dan yang terakhir adalah windows 10 cloud N. Untuk windows cloud n ini akan hadir tanpa dilengkapi dengan fitur multimedia seperti semacam windows player. Hal ini membuktikan bahwa kabar mengenai window 10 cloud ini benar adanya dan bukan hanay rumor semata.

Dengan produk window 10 cloud ini diharapkan akan bisa menandingi sistem operasi chrome. Selain itu terdapat tujuan lain yakni microsoft sendiri berharap dengan adanya windows 10 cloud ini para pihak produsen laptop bisa memanfaatkan produk tersebut untuk mengeluarkan produk dengan harga yang lebih murah. Dan menurut penuturan pihak microsoft, ia berharap akan segera membuat aplikasi windows yang mendukung prosesor RAM. Kita tunggu saja apakah pada windows 10 cloud ini rencana microsoft tersebut akan terwujud?

Bahkan beberapa media international memprediksikan bahwa pada bulan april mendatang produk windows 10 cloud ini akan segera dirilis.