Laptop Pelajar dengan Mode 2 in 1

Vendor Dell memang dari dulu selalu konsisten dengan menghadirkan produk yang berorientasi pada dunia pendidikan. Pada awal tahun 2017 ini, Dell kembali membuktikan eksistensinya terhadap dunia pendidikan dengan meluncurkan perangkat berkonsep 2 in 1 yang diperuntukkan untuk kalangan pelajar. Perangkat keluaran Dell tersebut hadir dengan seri Dell Latitude dan Dell Chromebook 11 yang memiliki konsep convertible dimana layar dan keyboardnya bisa diputar hingga 360 derajat pada saat digunakan untuk mode tablet.

Untuk operating systemnya sendiri Dell Latitude menggunakan OS Windows 10 sedangkan untuk Dell Chromebook 11 sendiri sudah jelas dari namanya bahwa laptop ini menggunakan sistem operasi dari google chrome. Baik Dell Latitude atau pun Dell Chromebook 11 sama-sama memiliki layar seluas 11 inci. Selain dapat diputar 360 derajat, layarnya juga bisa di putar menjadi posisi seperti tenda yang difungsikan sebagai penyangga untuk keperluan menonton film atau video agar lebih nyaman.

Laptop Pelajar dengan Mode 2 in 1

Dell Latitude dan Dell Chromebook 11 juga sudah compatible dengan fitur opsional dari Dell yaitu productivity active pen atau stylus. Untuk sektor dapur pacunya sendiri, Dell Latitude dibekali dengan procesor dari Intel yakni Intel Celeron generasi ke tujuh. Sedangkan untuk Dell Chromebook 11 dibekali procesor dari Intel yakni Intel Celeron generasi ke enam. Untuk kapasitas RAM nya sendiri Dell Chromebook sebesar 4 gyga byte dengan kapasitas memori internalnya sebesar 16 gyga byte. Untuk baterainya sendiri, perangkat ini mampu bertahan hingga 10 jam secara terus menerus untuk penggunaan maksimal tanpa proses charging. Selain itu tersedia pula bluetooth versi 4.0 dan usb port versi 3.0. Dan untuk port konektivitas lain yang disediakan adalah port HDMI.

Kedua perangkat ini hadir dengan desain yang simple, ramping, dan minimalis. Selain itu kedua perangkat ini juga didesain khusus untuk orang-orang yang tergolong ceroboh dalam pemakaiannya. Perangkat ini didesain agar mampu tahan dari berbagai benturan, terkena tumpahan minuman, dan kecelakaan-kecelakaan kecil lainnya.

Laptop Pelajar dengan Mode 2 in 1

Untuk kedua perangkat ini dibanderol dengan harga yang memiliki keterpautan yang cukup besar. Namun hal tersebut memanglah wajar, karena sistem operasi yang digunakan juga berbeda, Dell Latitude dengan windows 10 nya sedangkan Dell Chromebook 11 menggunakan sistem operasi chrome dari google. Untuk Dell Chromebook 11 sendiri dibanderol dengan harga sekitar 4,5 juta rupiah kurang lebih, sedangkan untuk Dell Latitude dibanderol dengan harga sekitar 7,7 juta rupiah.

Untuk Dell chromebook harganya lebih murah, karena memang sistem operasi chrome sendiri biasanya hadir dengan perangkat spesifikasi ringan. Hal ini dikarenakan sistem operasinya sendiri dapat bekerja dengan sangat optimal tanpa perlu adanya spek yang tinggi. Namun sistem operasi chrome ini belum terlalu dikenal di Indonesia sendiri sehingga geliat pasarnnya masih belum nampak karena mungkin masyarakat Indonesia masih banyak yang belum tahu mengenai sistem operasi chrome. Seperti contohnya pada Dell chromebook 11 ini pocesornya menggunakan intel core i3 yang merupakan versi kelanjutan dari Dell chromebook yang menggunakan procesor intel celeron seperti yang sudah disebutkan di atas. Dan untuk penyimpanan data dibuat tidak terlalu besar karena sesuai dengan sistem operasinya yaitu chrome besutan google, mereka ingin mengarahkan kepada orientasi penyimpanan file yang baru yakni dengan penyimpanan menggunakan internet atau teknologi cloud.