Melihat Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Sebagai salah satu produk dari technology, tentu saja komputer mengalami perkembangan sejak masa awal diciptakan sampai pada saat ini. Seperti itulah ciri utama dari teknologi yang terus saja mengalami perbaikan dan penyempurnaan dari masa ke masa guna semakin mampu untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berikut ini adalah perkembangan komputer sejak masa awal ditemukannya sampai pada hari ini.

Melihat Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Komputer Generasi Pertama
Komputer pada awal masa ini dikenal dengan sebutan ENIAC. Komputer ini memiliki berat mencapai 30 ton dengan panjang 30 m dan tinggi 2,4 m. untuk menjalankan komputer ini, dibutuhkan tenaga listrik sebesar 174 kilowatts. Teknologi yang digunakan pada komputer ini adalah dengan menggunakan vaccum tube atau tabung hampa udara.

                                                            https://s3.amazonaws.com/
 
Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1960-an dibuatlah komputer generasi kedua. Pada masa ini juga ditemukan adanya transistor yang nantinya memberikan pengaruh yang significant pada komputer saat ini. Fungsi dari transistor adalah untuk menggantikan tabung hampa udara. Perbaikan yang dibuat pada komputer generasi kedua ini adalah penghematan pada daya listrik yang digunakan lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Selain itu, juga mengenai kapasitas memori yang sudah cukup besar sehingga mampu untuk menyimpan program yang lebih banyak.

http://ahmadsk46.blogspot.co.id

Komputer Generasi Ketiga
Pada masa ini yaitu pada era 1965-1971-an, terjadi perkembangan pada technology komputer. Yaitu pada penemuan batu kuarsa sebagai pengganti transistor dan penemuan sirkuit integrase atau IC. Kedua penemuan penting ini nantinya akan memberikan pengaruh pada perkembangan teknologi komputer itu sendiri.
http://i60.tinypic.com

Komputer Generasi Keempat
Pada masa ini perkembangan pada komputer tentu lebih pesat, yaitu dengan ditemukannya chip INTEL. Dengan penemuan ini, semua komponen komputer seperti CPU (central processing unit), memory dan kendali input atau outputnya sudah dapat dimasukan ke dalam satu chip saja, yang dikenal dengan micro processor.

http://computerhistoryinformation.weebly.com
Komputer Generasi Kelima
Pada perkembangan komputer saat ini, ditemukan adanya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan dari ribuan jumlah microprocessor dalam bentuk satu microprocessor saja. Selain itu, kecepatan pengoperasian dan pemprosesan komputer pada masa ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Semua tugas dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan seperti memproses, mengirim, atau menerima gambar. Gambar yang ditampilkan pun juga menjadi lebih halus dan memiliki ketajaman yang lebih.

https://www.investireoggi.it

Perkembangan komputer pun terus terjadi sampai saat ini. Jika dulu diciptakan processor Pentium 1, 2,3 dan 4, saat ini sudah ada teknologi Core, seperti Dual Core, Core i3 sampai Core i7. Hal ini memperlihatkan pesatnya perkembangan teknologi komputer di tangan manusia. Karena memang komputer dijadikan alat bantu untuk pekerjaan manusia saat ini sehingga akan diciptakan teknologi yang semakin canggih.