Komputer Paling Canggih Saat ini

Komputer merupakan salah satu alat teknologi yang saat ini selalu mengiringi pekerjaan manusia. Bahkan dikatakan bahwa komputer menjadi alat yang sangat vital dalam kehidupan manusia saat ini. Untuk itu, selalu saja dibuat perkembangan untuk komputer sehingga lebih mampu lagi membantu kerja manusia.

Dengan adanya perkembangan pada komputer maka dapat ditemukan kecanggihan dalam komputer itu sendiri. Ada beberapa jenis komputer yang dapat dikatakan sebagai komputer paling canggih saat ini. Komputer canggih ini sering dikenal dengan sebutan super komputer. Spesifikasi khusus yang dimiliki oleh super komputer ini adalah kecepatannya. Kecepatan yang dimiliki oleh komputer canggih ini diukur dalam satuan petaflops. Satuan petaflops ini merupakan kemampuan CPU untuk mampu memproses data dalam seribu trilliun floating point setiap detiknya.

Berikut ini beberapa di antaranya. 


Komputer Kuantum
Dapat dikatakan bahwa komputer kuantum merupakan super kuantum karena memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu sepersekian detik, yaitu dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini disebabkan karena komputer kuantum memiliki tingkat kecepatan yang sangat tinggi yaitu sekitar 3.600 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kerja dari komputer biasa. Prosesor yang digunakan adalah prosesor D-Wafe Two yang dikenal dengan terowongan kuantum karena mampu menunjukan pemanfaatan efek. Komputer ini diinstall untuk Badan Antariksa Amerika Serikat saat ini.
https://cdn.vox-cdn.com

K Komputer
Komputer paling canggih selanjutnya adalah K komputer yang dikembangkan oleh Teknologi Fujitsu di Jepang. Komputer ini berada dalam naungan REKEN Advanced Institute For Computational Science. Segala perangkat dan komponennya dibuat oleh Jepang. Komputer ini menggunakan prosesor dengan jenis SPARC6A VIIIfx 2.0 GHz 8-core dengan jumlah 68.544 unit. Seluruh unit ini ditempatkan pada 672 lemari sebagai tempat penyimpanannya. K komputer memiliki 96 titik komputasi dan ada 6 buah titik IO tambahan yang ditempatkan pada setiap unit lemari penyimpanan.

https://i.ytimg.com

Tianhe 1A
Komputer super selanjutnya adalah buatan Cina yang berada di Pusat Super Komputer Nasional di negara bagian Tianjin. Untuk membuat projek super komputer ini membutuhkan total biaya sebesar 88 juta dollar amerika. Komputer Tianhe 1A ini sempat dinobatkan sebagai super komputer paling cepat sebelum dibuat K komputer oleh Jepang. Jenis processor yang melengkapi komputer ini adalah prosesor Xeon X5670 dan 7.168 Nvidia Tela M2050 dengan jumlah 14.336 unit.

www.nscc-tj.gov.cn

Inilah beberapa contoh dari super komputer yang ada saat ini. Selain itu, tentu saja masih ada banyak sekali super komputer yang telah diciptakan oleh manusia, terutama yang dibuat oleh negara Amerika serikat, sebut saja Titan Komputer, Mira Komputer, Jaguar komputer, IBM Roadrunner, Blue Gene Computer serta masih ada beberapa yang lainnya. Inilah super komputer yang saat ini berhasil diciptakan oleh manusia.