Ingin Beli Android? Kenali Dulu Spesifikasinya

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi android, saat ini dapat ditemukan berbagai jenis dan merek hp android yang beredar di pasaran. Hp android ini tentu saja memiliki spesifikais tertentu. Untuk itu, sebelum membeli hp android sudah selayaknya kita mengerti mengenai spesifikasi hp android ini agar hp yang akan dibeli dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Berikut ini adalah penjelasan mengenai spesifikasi android.

Ingin Beli Android? Kenali Dulu Spesifikasinya

Processor
Processor dapat dikatakan sebagai otak dari sebuah perangkat, baik itu komputer dan android. Karena fungsi processor pada komputer hampir mirip dengan fungsi processor pada android. Hanya saja processor android dipasang secara fix yang tak mudah untuk dicopot dan diganti. Pada android ada beberapa macam processor yang digunakan. Sebut saja Qualcom Snapdragon, Mediatik, Exynos, Tegra, OMAP dan PXA. Processor ini menentukan kecepatan kerja dari android yang kita jalankan. Kecepatan pada processor android ini dapat dilihat dari besarnya Hertz yang dimiliki oleh processor tersebut.

RAM
RAM atau Random Access Memori berhubungan dengan processor dimana RAM membantu kerja processor saat dioperasikan. RAM memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara yang sedang dioperasikan oleh processor. Saat ini, android sudah dapat memberikan tingkat RAM yang lebih tinggi. Jika pada waktu terdahulu, besar RAM hanya berkisar dari 256, 512 dan 1 Giga. Namun saat ini, sudah dapat ditemukan Android dengan spesifikasi Ram yang lebih tinggi seperti 2, 3 atau bahkan 4 giga. Tentu saja semakin tinggi tingkat Ram yang dimiliki oleh satu hp android maka kemampuan untuk menyimpan data akan semakin tinggi. Dan hal ini akan lebih memberikan rasa nyaman dan performa yang lebih baik saat mengoperasikan hp android tersebut.

Memori Internal
Memori internal juga berkaitan dengan RAM. Namun, memori internal ini berkaitan dengan kemampuan android untuk menyimpan data dalam android itu sendiri. Hanya saja, memori ini tidak sama dengan memori komputer yaitu harddisk yang dapat diganti dengan mudah. Android saat ini sudah memberikan memori internal dengan tingkat yang tinggi. Tidak hanya sampai 4 giga, namun ada yang sampai 16 giga atau bahkan 32 giga. Jika memori internal sudah tidak cukup untuk menampung data yang dibutuhkan, biasanya akan digunakan kartu memori eksternal.

Kamera

Saat ini, bisa dikatakan bahwa kamera menjadi fitur android yang paling diperhatikan. Jika dulu hanya ditemukan android dengan satu kamera yaitu kamera belakang, saat ini sudah banyak android yang memberikan dua kamera yaitu kamera depan dan kamera belakang. Bahkan ada juga yang memberikan dua kamera depan. Spesifikasi kamera dilihat dari ukuran mega pixelnya. Semakin tinggi ukuran ini maka kualitas gambar atau foto yang dihasilkan akan lebih baik.

Inilah beberapa spesifikasi penting pada android. Memang masih ada beberapa spesifikasi android lainnya.