Cara Bijak Memasang Aplikasi Game Android untuk Anak

Tak dipungkiri memang berkembang pro dan kontra dalam menyikapi penggunaan android untuk anak. Hal ini tentu saja disertai dengan fakta android dan game serta pengaruhnya untuk anak. Namun, juga tak dipungkiri bahwa sebagian besar orang tua mengalami kesulitan untuk menjauhkan android dari tangan anak mereka. Maka dari itulah, hal ini perlu disikapi dengan bijak agar dapat memberikan dampak yang positif bagi anak. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam memasangkan aplikasi game android.

Cara Bijak Memasang Aplikasi Game Android untuk Anak

Dampingi Anak
Inilah hal terpenting yang perlu dilakukan oleh orang tua ketika anak sudah bersentuhan dengan gadget atau hp android. Memang hal ini tidak akan semudah yang dikatakan ketika dihadapkan dengan segala aktivitas yang harus dijalankan oleh kedua orang tua. Pendampingan ini bisa bermakna lugas yaitu dengan mendamping setiap kali anak-anak berhadapan dengan game android. Orang tua ikut turut berperan serta mendampingi. Misalnya dengan tetap berada di samping si anak ketika anak sedang main game. Atau orang tua turut bercerita atau mengkaitkan game yang sedang dimainkan dengan segala hal dalam kehidupan. Bisa jadi pula orang tua tidak mendampingi anak secara nyata, namun orang tua memberikan rambu-rambu kepada anak, mana yang boleh untuk dimainkan dan mana yang tidak. Hal ini pun juga tidak akan semudah yang dikatakan. Butuh keterkaitan dengan segala bentuk pendidikan dan penanaman pengetahuan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak semenjak si anak lahir.

Selektif Memilih Game
Hal kedua ini juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Orang tua sudah selayaknya untuk memilihkan game android bagi anaknya. Serta, si anak tidak diberikan kebebasan untuk bisa mendownload game yang diinginkan tanpa ada kendala dan sesuai keinginan mereka. Dalam hal ini, harus dibuat kesepakatan antara orang tua dan anak mengenai jenis game yang dapat dimainkan. Orang tua sebaiknya juga memilihkan game yang paling tidak memberikan pengaruh yang baik untuk anak, walaupun ini juga harus disikapi dengan bijak. Misalnya adalah game untuk melatih motoric atau aspek pendidikan yang lain.

Hapus Game Jika Sudah Tak Terkontrol
Hal ini memang harus tegas dilakukan. Jika orang tua sudah melihat sisi kecanduan dalam diri anak saat main game. Walaupun memang sejatinya, setiap game yang ada memang didesain untuk membuat ketagihan atau kecanduan. Orang tua harus mampu untuk menangkap sinyal akan hal ini. Selanjutnya, anak bisa dialihkan untuk menjalankan kegiatan nyata lainnya. Terlebih adalah kegiatan yang lebih mendekatkan antara orang tua dan anak. Kegiatan ini tentu akan memberikan pengaruh yang lebih baik pada anak dan perkembangannya.

Memang, memfasilitasi anak dengan game android perlu disikapi dengan sangat bijak bagi orang tua. Hal ini tentu saja untuk menghilangkan dampak negative bagi anak itu sendiri.