NVIDIA Geforce vs AMD ATI Radeon

Dunia teknologi benar-benar bersaing ketat, sekarang ini kita akan membicarakan dunia teknologi dari sektor kartu grafis. Untuk para gamer atau user yang melakukan pekerjaan berat dan membutuhkan visualisasi terbaik pasti sudah tidak asing dengan produk-produk kartu grafis. Yang seringkali dibicarakan beberapa saat terakhir adalah antara ATI Radeon dari brand AMD dan juga NVIDIA Ge Force.

Dari sisi VGA (Video Graphics Adapter), NVIDIA versi GTX mungkin akan lebih unggul di kalangan para gamer karena memiliki fitur physx. Fitur ini memiliki fungsi untuk memberikan detail seoptimal mungkin.

NVIDIA Geforce vs AMD ATI Radeon

Namun untuk kebutuhan lain seperti Video HD ATI Radeon sedikit di atas NVIDIA karena ATI Radeon memiliki kartu grafis yang punya banyak ekstensi pendukung sehingga pada saat menayangkan video dengan resolusi tinggi sistem akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan atau lag. Selain itu ATI Radeon juga memiliki UVD yang tidak kita temukan pada kartu grafis NVIDIA Geforce. Dari sisi para editor video, kebanyakan dari mereka mrnggunakan kartu gragis NVIDIA Geforce. Itu karena NVIDIA Geforce ini memiliki kekuatan rendering video lebih handal dan cepat.

Pada game Crysis ini ATI Radeon yang lebih unggul karena dengan settingan yang sama ternyata NVIDIA mrnghasilkan 3 fps lebih rendah dibanding ATI Radeon. Pada game lain seperti just cause juga ATI Radeon lebih unggul 6 fps dibanding NVIDIA.

NVIDIA sendiri memiliki fitur Physx yang berperan dalam menghasilkan visualisasi yang lebih jernih dan jelas pada proses pengolahan saat menjalankan game yang dipindahkan ke GPU physx yang hanya bekerja pada gragik geforce high end. Untuk NVIDIA sendiri lebih unggul saat digunakan untuk menjalankan game dengan dirext 11, namun ATI Radeon lebih unggul untuk menjalankan game dengan dirext 9 dan 10.
NVIDIA Geforce vs AMD ATI Radeon
Nah itu tadi sekilas ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan VGA NVIDIA Geforce dengan AMD ATI RAdeon. Tentunya sebelum kalian menentukan mau beli yang mana harus disesuaikan dulu dengan orientasi terbesar apa yang akan dikerjakan menggunakan kartu grafis tersebut. Serta jangan lupa untuk memikirkan budgetnya. Untuk AMD sendiri memiliki harga yang lebih murah jika dibanding drngan NVIDIA. Untuk kebutuhan gaming pada single monitor misalnya kita cukup memilih ATI Radion saja. Namun jika kalian menginginkan kartu grafis yang menunjang aktivitas grafis super dan bermain drngan multiple monitor atau kebutuhan lain seperti desain nah kalian bisa lebih memprioriraskan NVIDIA.

Oiya jangan lupa jika kalian ingin membeli VGA eksternal baik NVIDIA maupun AMD atau vendor lain, pastikan PC kalian compatible dengan VGA tersebut. Kalian bisa cek slot yang ada pada motherboard PC yang kalian miliki. Kini ada 2 slot yakni AGP dan PCI-Express. Pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) kalian bisa menambahkan 2 sampai 5 hardware tambahan pada PC kalian. Biasanya slot PCI ini dapat dipasang komponen-komponen seperti sound card, video card, tv tunner, radio tunner, modem, wireless, usb controller, controller hard disk, dll. Sedangkan pada AGP (Accelerated Graphics Port) merupakan slot yang dikhususkan untuk kartu video saja. Slot ini memberikan jalur langsung ke procesor yang ada pada PC sehingga memberikan lebih banyak bandwidth. Untuk VGA card antara AGP dan PCI sendiri berbeda. Hal ini juga dikarenakan kemampuan PCI express sendiri yang memiliki kecepatan lebih cepat dibanding interface AGP utamanya pada keperluan grafis 3D.