Laptop Hybrid, Fleksibel Mendukung Mobilitas Tinggi

Perkembangan dunia teknologi beberapa tahun ini begitu pesat. Dari berbagai sektor semuanya memiliki kenaikan grafik yang cukup tajam. Baik dari perkembangan smartphone, tablet, hingga PC semuanya menunjukkan perkembangan yang tinggi. Gadget kini seakan menjadi kebutuhan pokok di hampir semua kalangan. Dari pelajar, pegawai, hingga pengusaha kini aktivitasnya tak bisa lepas dengan gadget. Kebutuhan akan gadget sangat tinggi beberapa tahun terakhir. Hal ini pun dimanfaatkan para vendor-vendor gadget untuk berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan berbagai macam unggulan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai PC yang memiliki kemampuan multitasking yang mumpuni dan juga sangat worth it untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. PC yang dimaksud adalah Laptop 2 in 1 Hybrid. Apa itu laptop hybrid?

Laptop Hybrid, Fleksibel Mendukung Mobilitas Tinggi
 Laptop hybrid adalah laptop yang juga bisa dialihfungsikan menjadi tablet. Disebut hybrid karena laptop ini layarnya bisa benar-benar terlepas dari keyboardnya. Ada beberapa jenis laptop hybrid di pasaran. Ada yang pada keyboardnya memiliki port USB dan baterai ada pula yang tidak. Untuk keyboard yang tidak dilengkapi dengan port USB dan baterai biasanya memiliki ketebalan yang sangat tipis dan ringan. Port USB dan baterainya terletak pada screen. Biasanya di sisi-sisi screen terdapat port-port tersebut.

Laptop hybrid ini benar-benar mampu memenuhi kebutuhan user yang semakin meningkat. Laptop hybrid biasanya berukuran kecil sehingga mudah di bawa kemana-mana. Laptop hybrid sangat fleksibel sehingga kita serasa memiliki smartphone namun dengan kemampuan dan kapasitas yang lebih besar untuk membantu pekerjaan kita.

Pada jenis laptop hybrid yang juga memiliki baterai pada keyboard memiliki keunggulan tersendiri pada sektor daya tahan baterai. Tentu saja hal ini dikarenakan pada PC ini memiliki asupan dari 2 baterai yaitu baterai pada keyboard dan juga baterai pada layar.

Sayangnya pada jenis-jenis laptop hybrid ini masih menggunakan prosesor dengan kapasitas yang ringan. Karena memanng konsep dari laptop hybrid ini adalah mobile friendly. Sehingga laptop ini difungsikan untuk membantu pekerjaan yang cukup ringan bukan pekerjaan yang berat seperti membuat graphic motion, mengedit video yang panjang, game berat, dll.
Laptop Hybrid, Fleksibel Mendukung Mobilitas Tinggi
Sedikit ketidaknyamanan lain mungkin akan terlihat dari segi aplication marketnya. Pada aplication market seperti wondows store misalnya, aplikasinya tentu saja cukup terbatas tidak sebanyak dan sebebas yang tersedia di play store. Namun tenang saja, masih banyak aplikasi-aplikasi dasar yang compatible dan kita tetap bisa mengunduh aplikasi yang compatible dengan Operating Systemnya yaitu windows.

Laptop-laptop hybrid di pasaran kini sudah cukup beragam diantaranya :
  1. Acer One 10+
    Laptop Acer One 10+ dibanderol dengan harga 4 jutaan rupiah di pasaran. Laptop ini menggunakan OS 8.1 Windows. Untuk sektor officenya sendiri laptop ini sudah dilengkapi dengan microsoft office 365 yang memang diperuntukkan untuk kebutuhan mobile.
  2. Lenovo ThinkPad Helix 2
    Laptop ini hadir dengan layar sebesar 11,6 inchi dan sudah dilengkapi dengan digitizer pen. Kemampuan daya tahan baterainya juga cukup bagus yakni mampu bertahan hingga 10 jam untuk pemakaian full.
  3. HP Pavilion X2 T10
    Untuk seri awal laptop ini mengguanakan OS 8.1 Windows namun kini produk terbarunya sudah mengguanakn OS windows 10. Laptop ini benar-benar kecil. Layarnya hanya 10 inchi. Kemampuannya juga cukup mumpuni pada kelas laptop hybrid karena transisi antara laptop dan tablet bisa otomatis dan sangat cepat tanpa ada proses nge lag.