Teknologi Terbaru dalam Dunia Medis

Dunia medis atau kesehatan juga selalu membuat penelitian dan percobaan guna mendapatkan penemuan terbarunya. Penemuan terbaru ini tentu saja dibutuhkan untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi sehingga mampu membantu mengatasi permasalahan ini. Terlebih, dunia kesehatan amat berhubungan dengan bagian vital kehidupan manusia sehingga memang selalu akan diusahakan untuk ditemukan berbagai hal baru dalam teknologinya.

Teknologi terbaru dalam dunia medis ini berkaitan dengan hal atau alat baru yang ditemukan yang membantu dalam proses medis, misalnya dalam pengobatan atau pendeteksian suatu gejala penyakit. Berikut ini beberapa penemuan teknologi terbaru dalam dunia medis.

Teknologi Terbaru dalam Dunia Medis

Alat Penyembuh Kanker
Saat ini dikatakan bahwa kanker menjadi penyakit paling menakutkan di dunia karena masih belum ditemukan obat atau cara untuk memunaskan kanker ini secara total. Obat yang ada sekarang dirasakan sangat mahal dan harus dengan dosis yang panjang serta efek samping yang juga mengkhawatirkan. Perusahaan bioteknologi di Perancis yang ada di Amerika Serikat yaitu Cellectis, membuat satu teknologi penghancur sel kanker dengan melakukan modifikasi pada sel darah putih manusia sehingga sel inilah yang memusnahkan sel kanker tersebut. Bahkan dengan modifikasi sel darah putih, dilakukan percobaan untuk menyembuhkan beberapa pasien penderita penyakit HIV, diabetes serta penyakit auto imun seperti lupus, dan juga multiple sclerosis. Harapannya adalah kesembuhan yang dapat diperoleh oleh pasien.

Pulse Oximeter dengan Model Fingertip

Jika pada masa terhadalu untuk mengetahui jumlah napas per menit dan denyut nadi dilakukan dengan cara manual dan dengan bantuan timer, dengan perkembangan pulse oximeter fingertip ini maka tugas tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengukur denyut nadi yang diberi nama MightSat Rx. Alat ini berfungsi untuk mengukur dan memperlihatkan laju pernapasan, saturasi oksigen, denyut nadi dan indeks perfiusi. Dinamakan finger tip karena mempergunakan alat ini cukup dipasangkan atau dijepitkan di bagian jari tangan pasien. Hasil ditampilkan juga merupakan data yang lebih akurat. Bahkan, Masimo sebagai perusahan penciptanya juga telah membuat terobosan canggih lainnya untuk alat ini. Yaitu dengan menciptakan aplikasi mobile dengan nama ‘Masimo Professional Health’. Aplikasi mobile ini memadukan teknologi MightSat RX dengan interfase berbasis Bluetooth wireless. Teknologi ini memiliki fungsi untuk memantau kondisi pasien dalam hal mengukur saturasi oksigen, laju pernapasan, denyut nadi dan juga indeks perfiusi. Sebagai aplikasi mobile, maka teknologi ini dapat dinikmati melalui aplikasi tablet atau smartphone. Sehingga pengukuran beberapa hal di atas dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi gadget penggunanya.

Inilah bentuk kemajuan teknologi terbaru di dunia medis saat ini yang berhasil dikembangkan oleh manusia. Dengan ini, diharapkan bahwa teknologi ini mampu untuk membantu manusia dalam dunia kesehatan terutama membantu menyembuhkan beberapa penyakit yang dianggap mematikan.