Cara Menghilangkan Tanda Obeng dan Tang di Blog

QuickEdit yang diberi tanda dengan obeng dan tang berfungsi sebagai jalan cepat untuk mengedit widget di blog. Namun demikian, tanda QuickEdit jarang dipakai, karena kebanyakan blogger lebih nyaman menggunakan dashbor. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghapusnya, sehingga akan mempercantik tampilan dan mempercepat loading sebuah blog. 

Pada tutorial kali ini, saya ingin membahas bagaimana cara menghapus atau menyembunyikan tanda obeng dan tang di blogspot. Ikuti langkah-langkah berikut ya.

Cara Menghapus Tanda Obeng dan Tang di Blog
  1.  Login ke blogger
  2. Pilih Template > Edit HTML
  3. Cari Kode (Ctrl+F) <b:include name='quickedit'/>, seperti dibawah ini:
    Cara Menghilangkan Tanda Obeng dan Tang di Blog
    Akan banyak kode tersebut di blog, hapus semuanya. Jika tidak ingin menghapusnya, anda juga bisa membuat komen untuk menonaktifkan kode tersebut dengan cara menambahkan tanda <!-- --> diawal dan diakhir kode-nya seperti berikut :
    Cara Menghilangkan Tanda Obeng dan Tang di Blog
  4.  Terakhir, jangan lupa Save Template.

Cara Menyembunyikan Tanda Obeng dan Tang di Blog
Jika tidak ingin menggunakan cara di atas, anda juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah karena tidak perlu menghapus atau memberi tanda komen satu persatu. Hanya saja, cara berikut ini hanya berfungsi untuk menyembunyikan tanda obeng dan tang. Ketika terjadi perayapan oleh google, icon ini akan tetap terbaca sebagai gambar yang tidak mempunyai title dan deskripsi. Berikut cara menyembunyikan tanda obeng dan tang tanpa harus menghapusnya:
  1. Login ke blogger
  2. Klik Template >> Customize
  3. Pilih Advanced >> Add CSS
  4. Isi Kotak tersebut dengan koding: .quickedit { display:none; }, seperti gambar berikut ini:
    Cara Menghilangkan Tanda Obeng dan Tang di Blog
  5. Terakhir klik Apply to Blog. Selesai, silahkan anda memilih salah satu cara dari yang sudah dijelaskan di atas. Namun, saya menyarankan untuk memilih cara pertama, menurut saya cara yang terakhir tidak baik untuk SEO.
    (http://www.blogooblok.com/2015/01/cara-menghilangkan-dan-menghapus-tanda.html)*.