Membuat Web Tanpa Bayar?

Membuat web tanpa bayar ini dikenal dengan istilah web gratis. Tentu saja, keberadaan web gratis ini akan memiliki beberapa perbedaan dengan web yang tak gratis atau harus membayar ketika seseorang akan membuat web tersebut, jenis web ini lebih dikenal dengan istilah web berbayar. Walaupun sebagian orang menilai bahwa web berbayar lebih memberikan rasa nyaman dan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan web gratis, namun, sebagian orang lainnya tetap mempertahankan web gratis mereka. Karena tentu saja dirasakan bahwa web gratis masih memiliki kemampuan untuk mengakomodir kebutuhan mereka.

Membuat Web Tanpa Bayar?

Membuat Web Gratis
Ada banyak web hosting atau web provider yang memberikan layanan web tanpa bayar. Namun, satu web hosting yang paling banyak digunakan sebagai web gratis adalah wordpress. Cukup mudah untuk dapat membuat web gratis ini. Bisa dikatakan bahwa membuat web gratis ini langkahnya semudah dalam membuat email. Kita cukup masuk ke alamat web hosting yang kita pilih, misalnya adalah wordpress. Kemudian nanti akan diperlihatkan beberapa langkah pengisian data yang harus kita lakukan. Benar, langkah ini akan sesimpel saat kita membuat email. Dalam mengisi data untuk membuat web gratis kita, akan dibutuhkan data mengenai username kita. ini adalah nama yang akan kita pakai saat kita akan mengoperasikan web gratis ini nantinya. Juga password administrator. Selanjutnya, diminta untuk memasukan nama dari judul website yang kita inginkan. Setelah nama judul website, juga diperlukan mengenai tagline website atau mengenai deskripsi singkat website kita ini. Dengan melakukan sedikit langkah di atas, kita sudah dapat membuat web gratis. Tugas selanjutnya adalah mengisi web gratis tersebut dengan apa yang kita inginkan. Misalnya untuk bisnis atau hanya untuk share berita, ilmu dan pengetahuan.

Lebih Dekat Melihat Web Gratis
Memang, tak dipungkiri bahwa web gratis ini memiliki kelemahan atau bisa dikatakan bahwa kualitasnya sesuai dengan pengorbanan yang diberikan. Karena gratis maka layanannya juga diberikan secara terbatas. Ketika memakai web gratis maka kita sebagai pemakai tidak akan memiliki kemampuan untuk mengetahui letak server yang kita gunakan, bagaimana kualitasnya serta pengaturannya yang dapat disesuaikan dengan maksud website kita sendiri. Hal inilah yang lebih tidak diinginkan oleh para pengelola web bisnis sehingga lebih memilih web berbayar sehingga mampu untuk mengelola server dengan lebih baik. Selain itu, bisa jadi web gratis akan memberikan lebih banyak gangguan. Karena web gratis ini tidak mendapatkan dukungan teknis yang optimal. Masalah keamananpun juga menjadi persoalan lain, dimana web gratis ini memiliki sistem keamanan yang lebih rendah sehingga lebih mudah untuk diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Terlepas dari kelemahan web gratis ini, tetap saja web gratis menjadi satu jalan bagi sebagian orang untuk menciptakan website mereka tanpa mengeluarkan rupiah sepeser pun.