Virtualbox dan Tipe-tipe Jaringan didalamnya

Teman-teman pasti sudah pada tau apa itu virtualbox serta kegunaannya kan? Nah, sebelum kita bahas tentang tipe jaringannya, saya ingin mengurai sedikit saja tentang kegunaan virtualbox supaya teman-teman yang belum pernah pakai virtualbox jadi lebih semangat untuk mencobanya: 

Virtualbox adalah: Software virtualisasi yang bisa mengkonversi system operasi (OS) dari bentuk yang nyata atau real kedalam bentuk ‘Simulasi”. Nah, jika teman-teman ingin belajar menginstall dan menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda tapi tidak ingin menginstal ulang laptop/pc berkali-kali, maka virtualbox bisa menjadi salah satu solusinya.

Kegunaan dari Virtualbox :
Dapat digunakan untuk menginstall beberapa sistem operasi virtual (OS Guest) layaknya seperti sistem operasi real (seperti OS Host), namun tidak harus mempermanentkannya ke dalam hardisk. Tidak perlu melakukan partisi ulang PC/Laptop untuk OS Host. Bisa digunakan untuk membuat sebuah simulasi jaringan antara berbagai sistem operasi yang sudah terinstall divirtualbox. Bisa juga digunakan untuk mencoba simulasi pengujian sistem keamanan dari sebuah sistem operasi, jaringan ataupun website. Bagaimana? Sangat bermanfaat bukan? Nah, bagi teman-teman yang ingin mendownload versi terbaru virtualbox, bisa langsung menuju link berikut: download virtualbox
Selanjutnya, mari kita bahas tentang tipe-tipe jaringan yang ada divirtualbox, ada 4 tipe jaringan yang paling sering digunakan oleh pengguna virtualbox, yaitu: NAT, Bridged, Internal Network, dan Host-Only Adapter. Langsung saja kita mulai bahas perbedaan antara jaringan tersebut yuk.

1) NAT (Network Address Translation) adalah sebuah tipe network default di virtualbox. Sebagai network default, NAT akan langsung tersetting ketika machine baru diinstal tanpa harus melakukan settingan terlebih dahulu. Fungsinya untuk dapat terhubung langsung ke OS host, jika OS host memiliki koneksi internet maka OS guest secara langsung akan mendapat koneksi internet. Pada tipe jaringan ini, OS guest dapat menghubungi OS host tetapi tidak sebaliknya. Untuk melihat settingannya, klik salah satu OS guest >> setting >> Network >> Adapter 1 >> Enable Network Adapter >> NAT.

2) Bridged Adapter: Pada tipe jaringan ini, OS guest dan OS host terlihat dari luar seperti dua computer berbeda yang terhubung ke dalam jaringan yang sama. Dan IP address yang diberikan ke machine virtual/OS guest harus dari subnet yang sama dengan jaringan yang dipakai oleh OS host (real OS). Bila OS host memiliki lebih dari satu Ethernet maka kita harus memilih ke jaringan mana OS guest akan disambungkan. Untuk melakukan setting Bridged Adapter bisa dilakukan dengan langkah berikut: klik salah satu OS guest >> setting >> Network >> Adapter 1 >> Enable Network Adapter >> Bridged Adapter. 

3) Internal Network (Jaringan Internal): Pada tipe jaringan ini, kita bisa membuat beberapa virtual machine/OS guest yang saling terhubung secara internal, maksudnya sesama virtual machine bisa saling menghubungi satu sama lain melalu jaringan local. Akan tetapi tipe jaringan ini sifatnya terisolasi dari dunia luar sehingga OS guest tidak dapat mengakses/menghubungi OS host, demikian juga sebaliknya. Untuk melakukan setting Internal network bisa dilakukan dengan langkah berikut: klik salah satu OS guest >> setting >> Network >> Adapter 1 >> Enable Network Adapter >> Internal Network.

4) Host-Only Adapter: Pada tipe jaringan ini, OS guest dapat mengakses OS host dan sebaliknya OS host juga dapat mengakes OS guest. Artinya secara otomatis, OS host dan OS guest akan berada dalam satu jaringan yang sama dengan menggunakan Ethernet berbasis software. Untuk melakukan setting Host-Only Adapter bisa dilakukan dengan langkah berikut: klik salah satu OS guest >> setting >> Network >> Adapter 1 >> Enable Network Adapter >> Host-Only Adapter.

Oke teman-teman, untuk hari ini sampai disini dulu penjelasannya ya. kalau ada yang kurang jelas atau ada yang ingin memperjelas, silakan komentar di kolom komentar dibawah ini, jangan sungkan dan silakan mengshare tulisan ini. Somoga bermanfaat ya.

Referensi:
http://abangnetwork.blogspot.co.id/2014/10/macam-macam-mode-jaringan-di-virtualbox.html